Pentingnya Sinar Matahari Pagi Hari Dan Besarnya Manfaatnya

 

Sinar UV selama ini selalu dianggap berbahaya bagi kulit. Membuat kulit menjadi hitam, kusam, kering dan bahkan ada beberapa yang menyimpulkan radiasi sinarnya bahkan bisa membuat kita terkena radang kulit. Padahal sebenarnya, paparan sinar matahari memberi berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Institusi The Food and Drug Administration's (FDA) di AS menyarankan untuk menikmati 10 hingga 15 menit dibawah paparan sinar pagi agar memenuhi asupan harian Vitamin D yang disarankan (atau sebesar 1,000 IU). 

manfaat sinar matahariSelain mengandung asupan vitamin D, membiasakan diri terpapar sinar pagi baik untuk menjaga respon alami tubuh terhadap cahaya dan gelap. Cahaya pagi berpengaruh pada pola tidur karena semakin sedikit mendapat sinar di pagi hari, semakin sulit pula kita bisa tidur di malam hari. Rutin terpapar sinar di pagi hari juga meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, membuat kita menjadi lebih aktif dan siaga. Menyempatkan diri berjemur di pagi hari mencegah rasa malas dan depresi, juga membantu mood untuk menjadi lebih segar dan tidak malas-malasan.

Fakta lain yang tidak diketahui adalah bahwa sinar ultraviolet dapat membuat kulit melepaskan senyawa yang disebut nitric aksida, yang membantu menurunkan tekanan darah. Paparan kulit terhadap radiasi ultraviolet gelombang pendek (UVB) juga dikaitkan dengan penurunan risiko melanoma atau tumor ganas. Sementara sinar UV yang harus dijauhi adalah sinar sesudah pagi hari atau lewat dari jam 9. Paparan sinar matahari seperti itulah yang berbahaya dan dapat menghitamkan kulit.

image source : okezone.com

Pentingnya Sinar Matahari Pagi Hari Dan Besarnya Manfaatnya 4.5 5 enden fnurdina Sinar UV selama ini selalu dianggap berbahaya bagi kulit. Membuat kulit menjadi hitam, kusam, kering dan bahkan ada beberapa yang menyimpul...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.