Perlunya Menjemur Bayi Di Pagi Hari dan Manfaatnya

 

Sinar UV dinilai sangat membantu menurunkan kadar bilirubin yang tinggi pada bayi kuning. Namun tidak diperuntukkan bagi bayi yang menderita penyakit kuning saja, sinar matahari pagi juga tetap membawa segudang manfaat bagi bayi-bayi sehat. Selain mengurangi kadar bilirubin, sinar matahari pagi dapat menghangatkan tubuh bayi sekaligus membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokannya. Alhasil, suara alergi dan gejala mendengkurnya akan berkurang. Jangan lupa, sinar matahari pagi juga merangsang pembentukan vitamin D dalam tubuh. Vitamin ini diketahui sangat baik untuk pertumbuhan tulangnya. 

Lalu kapan waktu yang paling tepat untuk menjemur bayi? Waktu yang paling tepat untuk menjemur bayi adalah pagi hari antara pukul 7-8 pagi selama kurang lebih 15 menit. Jangan terlalu lama karena kulit bayi masih sensitif dan jangan menjemur si kecil lebih dari jam berikut. Paparan sinar matahari menjelang siang hari mengandung sinar UV yang lebih berbahaya dan dapat merusak membran kulit sehingga menyebabkan kulit merah dan terbakar serta merusak mekanisme regenerasi sel.

Lokasi menjemur juga tidak harus berada di daerah terbuka yang langsung terkena paparan sinar matahari langsung. Asalkan tempat itu dapat memancarkan sinar matahari sudah cukup sebagai tempat berjemur bayi. Untuk batasan usia sendiri, sebenarnya tidak ada batasan usia bayi yang harus dijemur di pagi hari. Umumnya bayi baru lahir sampai usia 1 minggu secara rutin dijemur demi mencegah/mengurangi tingginya kadar bilirubin. Namun bila setelah itu kebiasaan menjemur ini terus berlangsung juga tidak akan ada ruginya. 

menjemur bayi

Perlunya Menjemur Bayi Di Pagi Hari dan Manfaatnya 4.5 5 enden fnurdina Sinar UV dinilai sangat membantu menurunkan kadar bilirubin yang tinggi pada bayi kuning. Namun tidak diperuntukkan bagi bayi yang menderit...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.