Tagihan Listrik Membengkak, Ini Dia Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Terapkan

 

Listrik merupakan sumber energi yang paling dibutuhkan untuk menghidupkan berbagai alat elektronik yang digunakan manusia. Karenanya ketika tarif dasar listrik dinaikkan oleh pemerintah, masyarakat banyak yang melakukan demo untuk menolaknya. Namun apa mau di kata, kebijakan pemerintah yang telah melalui berbagai pertimbangan harus tetap dijalankan rakyatnya. Solusi yang paling bijaksana untuk mengantisipasi naiknya tagihan listrik  ini adalah dengan menaikkan penghasilan serta menurunkan pemakaian listrik sehingga tagihan pun ikut turun.

Kenaikan listrik kali ini sangat terasa pengaruhnya bagi masyarakat karena hampir di semua daya listrik untuk rumah tangga juga mengalami kenaikan. Rumah tangga yang biasanya hanya menghabiskan uang sebesar Rp 80.000 hingga Rp. 150.000 sebulan untuk listrik kini harus mengeluarkan uang jauh lebih banyak hingga Rp. 500.000 sebulan. Kenaikan itu pasti mengakibatkan pengeluaran yang lain ikut dikorbankan. Agar tidak terjadi ketidakmampuan memenuhi kebutuhan primer yang lain, mau tak mau anggota keluarga harus meningkatkan penghasilannya.

Bagaimana cara meningkatkan penghasilan untuk mendapatkan uang tambahan guna membayar listrik? Mengharapkan gaji naik dari perusahaan tanpanya tidak mungkin karena perusahaan dan pemerintah tidak memiliki hubungan yang berkaitan dalam upaya kesejahteraan masyarakatnya. Karenanya Anda harus berusaha secara mandiri untuk mendapatkan tambahan penghasilan bulanan. Caranya adalah dengan memiliki penghasilan sampingan di luar pekerjaan sehari-hari. Cara ini juga bisa saja menghasilkan uang yang tak sedikit hingga cukup untuk menutup kekurangan biaya listrik yang biasanya dikeluarkan.

Pekerjaan sampingan yang dilakukan sebisa mungkin tidak mengganggu pekerjaan utama agar penghasilannya tetap bisa Anda andalkan. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan untuk mendapat uang tambahan guna membayar tagihan listrik tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda:

1. Ojek online.
Menjadi ojek online saat ini banyak dipilih sebagai pekerjaan utama ataupun pekerjaan sampingan. Bagi Anda yang telah memiliki pekerjaan utama, mengojeklah saat berangkat kantor dan setelah jam kantor selesai. Sembari berangkat dan pulang kantor, jika ada yang ingin menumpang kendaraan Anda maka hal tersebut akan lebih baik dari pada mengeluarkan biaya bensin tanpa mendapat tambahan hasil.

2. Beternak hewan konsumsi.
Beternak ayam untuk diambil telur atau dagingnya juga bisa dilakukan di rumah. Beternak hewan bisa dilakukan karena perawatannya yang tidak ribet namun hasilnya sangat dibutuhkan orang.

3. Berjualan online.
Berjualan online bisa dilakukan siapa saja baik pria ataupun wanita. Anda bisa membuat akun sosial media atau membuat iklan di situs jual beli untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Selain meningkatkan penghasilan, menghemat pemakaian listrik perlu dilakukan dan dibiasakan agar tagihan bulanan untuk listrik Anda berkurang. Penghematan juga baik dijadikan gaya hidup agar tidak terbiasa dengan sifat boros termasuk boros dalam penggunaan sumber daya listrik. Penghematan bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya mematikan lampu ketika tidur, tidak memasang lampu boros daya, tidak menggunakan banyak lampu hias dan sebagainya.

Itulah cara-cara yang bisa menanggulangi kenaikan tagihan listrik Anda. Kenaikan listrik memang sudah tak bisa dihindari karena sudah menjadi kebijakan pemerintah. Namun Anda sebagai pelanggan listrik juga bisa melakukan solusi untuk menanggulanginya. Melakukan 2 solusi tersebut akan bisa menambah porsi uang listrik yang dimiliki dan juga bisa menurunkan kebutuhan listrik yang tercipta. Jika keduanya berhasil, bukan tak mungkin Anda justru bisa memiliki uang lebih untuk digunakan membeli kebutuhan lainnya atau menabung untuk masa pensiun.

Tagihan Listrik

Tagihan Listrik Membengkak, Ini Dia Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Terapkan 4.5 5 roni setiawan Listrik merupakan sumber energi yang paling dibutuhkan untuk menghidupkan berbagai alat elektronik yang digunakan manusia. Karenanya ketika...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.