4 Cara Mengatasi Belanja Mainan My Little Pony Berlebihan Pada Anak

 

Semua orangtua tentunya sangat menyayangi buah hatinya sehingga kadang kala berusaha selalu memenuhi keinginan anak-anak. Kasih sayang yang selalu menuruti keinginan anak memang dianjurkan untuk tidak berlebihan. Sesekali menuruti boleh saja, semisal untuk membelikan mainan pada anak yang kadang kala Kita membeli berlebihan sampai menumpuk segunung di rumah. Pastikan mengatur frekuensi membeli dan membeli mainan berbeda-beda, misal hari ini membeli boneka Little Pony minggu depan beda lagi.
 
Memanjakan anak terlalu berlebihan akan berdampak pada hal yang kurang baik, yakni anak menjadi manja dan sulit untuk diatur. Ketika menginginkan sesuatu maka orangtua pun seolah wajib menurutinya apapun permintaan yang diajukan. Jika permintaan berbeda diajukan pada hari yang sama atau setiap harinya, bukankah selaku orangtua merasa kurang nyaman? Maka, sebagai orangtua dalam mengekspresikan kasih sayang perlu dikelola dan dikontrol sebaik mungkin. Supaya anak paham orangtua menyayanginya namun ada batasan tertentu.
 
Berbicara memang jauh lebih mudah dibanding prakteknya secara langsung, namun jika diusahakan dengan langkah tepat akan terasa lebih mudah. Berikut beberapa tips untuk menolak keinginan anak membeli mainan padahal sudah berlebihan:
 
Dampingi anak saat membeli mainan,  
 
Mayoritas anak suka diajak langsung ke toko mainan supaya bisa memilih mainan yang disukainya, sehingga senang memilikinya. Namun, usahakan untuk memberikan dampingan sekaligus arahan sehingga bisa memberi tahu mainan ini enak dimainkan atau tidak.
 
Pilihkan mainan yang sesuai dengan usianya,
 
Beberapa anak menyukai mainan baru atau mungkin mainan yang terlihat seru padahal belum tentu di usianya bisa memainkan mainan tersebut. Inilah manfaat lain dengan memberikan dampingan pada anak tatkala memilih mainan barunya. Usahakan memilihkan mainan yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak sehingga ia bisa memainkan mainan tadi. Berikan mainan yang mudah dimainkannya, misal membeli boneka Little Pony bagi pemilik bayi atau anak perempuan.

Beri tahu anak jumlah maksimal mainan yang dibeli,
 
Pada saat anak asyik memilih mainan sebaiknya memberi tahu mereka untuk memilih satu atau dua saja jenis mainan berbeda. Hal ini akan membantu anak untuk memilih mainan yang sekiranya paling menarik menurut mereka. Sebab, tanpa diberikan limit ini anak cenderung ingin membawa pulang semua mainan yang dijual di toko tersebut. Supaya tidak berlebihan dan tidak boros beri arahan pada anak untuk memilih beberapa buah mainan saja. 
 
Ajak ke tempat menarik lainnya,
 
Apabila pada saat diberitahu memilih satu mainan anak mulai marah dan ingin membeli mainan lebih banyak. Sebaiknya tidak memarahi anak Kita sebab kurang baik untuk psikologinya, sebaiknya berikan alternatif kegiatan lain yang menarik. Misal, katakanlah anak boleh membeli satu mainan supaya bisa masuk ke arena bermain, membeli snack kesukaannya, main game berapa jam di rumah, dan lain sebagainya. Sehingga anak akan berpikir untuk mengambil keuntungan sebanyak mungkin, mendapat mainan dan bersenang-senang.

Mainan bagi seorang anak bisa dikatakan sebagai teman saat bermain, kadang tanpa ada dampingan anak tetap asyik bermain. Pemilihan mainan dengan benar dan tepat akan membantu merangsang perkembangan dan kecerdasannya. Namun, pastikan tidak berlebihan dalam membelikan mainan supaya anak bisa merawat dan menyayangi mainan yang sudah ada. Secara psikologis anak pun akan terbiasa memberikan kasih sayang pada orang dan barang disekitarnya. Jadi, belikan satu saja boneka Little Pony dan mainan lain menyusul di lain kesempatan.
4 Cara Mengatasi Belanja Mainan My Little Pony Berlebihan Pada Anak 4.5 5 Eka Frasisca Semua orangtua tentunya sangat menyayangi buah hatinya sehingga kadang kala berusaha selalu memenuhi keinginan anak-anak. Kasih sayang yang...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.