Macam-macam Perawatan Rak Buku yang Mudah Dilakukan

 

Tak hanya buku elemen penting dari sebuah perpustakaan namun rak buku yang digunakan untuk menyimpannya. Dengan adanya rak tersebut akan membantu untuk memudahkan dalam penyimpanan dan merapikan letak buku tersebut. Sehingga membantu agar tidak mudah mengalami kerusakan saat Anda menggunakannya beberapa kali. Sedikit informasi untuk Anda bahwa apabila memiliki perpustakaan hendaknya mengetahui mengenai perawatan yang sebaiknya dilakukan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar semua buku juga dapat terawat dengan baik.


Macam-macam hal yang sebaiknya dilakukan dalam merawatnya yaitu:

  • Tempat meletakkannya
Perawatan untuk pertama kalinya dengan mengetahui mengenai tempat meletakkannya. Usahakan meletakkan tidak boleh di balik pintu atau rawan terkena benturan. Hal ini karena apabila terkena benturan tersebut hanya akan membuat kemungkinan meletakkan menjadi lebih sulit. Sehingga kemungkinan menjadi mudah rusak atau patah mungkin terjadi. Sedangkan mengenai material penting untuk diketahui. Pastikan memilih material yang kuat dan kokoh misalnya saja jenis kayu jati. Meskipun sedikit lebih mahal namun kualitasnya tidak dapat dianggap remeh.

  • Hindarkan dari tempat lembab
Pastikan untuk memilih tempat untuk meletakkan rak tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga tidak diletakkan dalam tempat yang lembab karena akan membuatnya mudah rapuh. Sedikit informasi untuk Anda bahwa tempat yang lembab akan mudah menimbulkan kerusakan. Selain itu saat meletakkan buku didalam rak pastikan untuk member lapisan pada rak untuk buku agar tidak langsung bersentuhan dengan buku. Cara lainnya memilih jenis rak dengan bahan plastic agar lebih awet.

  • Jangan mengisi rak terlalu penuh
Usahakan untuk menghindari pengisian rak buku yang terlalu penuh. Hal ini karena apabila Anda mengisinya dengan cara demikian hanya akan memungkinkan beban berat pada rak. Sehingga rak akan rawan mengalami patah atau pun rusak. Pastikan untuk tidak secara langsung meletakkannya di lantai. Anda bisa mengisinya didalam rak tersebut dengan memberikan ketinggian minimal dua puluh sentimeter di bawah lantai. Hal ini karena biasanya lantai akan mudah lembab dan merusak kayu rak atau pun buku tersebut.

  • Membersihkan secara berkala
Pastikan Anda membersihkan rak tersebut secara berkala. Misalnya saja satu bulan sekali dengan menggunakan alat penyedot debu dan juga lap basah. Hal ini karena biasanya debu akan menumpuk pada rak tersebut. Sehingga pembersihan secara berkala harus dilakukan dengan benar. Sedikit informasi untuk Anda bahwa harus melakukan rotasi buku setiap dua pekan sekali atau setelah membersihkannya. Apabila rak untuk buku tersebut lembab atau basah setelah dibersihkan. Usahakan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari agar kuman dan daerah lembab bisa kering serta mati.

  • Meletakkan kamper
Untuk mengusir ngengat atau pun kutu pada sela-sela buku. Usahakan memberikan menggunakan kamper. Apabila Anda menggunakan kamper tersebut akan membantu dalam mendapatkan kenyamanan yang dirasakan. Misalnya saja dapat membantu dalam membunuhnya dan membuat keadaan rak tempat buku serta isinya menjadi lebih tahan lama. Sehingga pastikan untuk memilih jenis kamper yang dapat disebar di seluruh bagian rak.

  • Jumlah buku sedikit
Jika jumlah buku yang dimiliki masih sedikit Anda bisa meletakkannya didalamnya penjepit buku. Tujuan memberikan ini agar buku tidak mudah jatuh dan juga berantakan. Pastikan memilih dengan ukuran yang pas dan bahan material yang dapat digunakan tahan lama. Sehingga hasilnya menjadi lebih mudah dan sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan mengetahui mengenai perawatan rak buku tersebut karena sangat penting dilakukan.
Macam-macam Perawatan Rak Buku yang Mudah Dilakukan 4.5 5 Eka Frasisca Tak hanya buku elemen penting dari sebuah perpustakaan namun rak buku yang digunakan untuk menyimpannya. Dengan adanya rak tersebut akan me...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.