Cara Sukses Membangun Kedai Kopi Agar Bisa Cepat Berkembang

 

Capek bekerja di kantoran dan hanya menjadi seorang karyawan? Ingin mencoba hal baru yang lebih menantang? Cobalah untuk mulai membuka usaha atau bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Membuka sebuah usaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses panjang yang harus dilalui sebelum menuai kesuksesan di masa depan. Setiap langkah pun harus dipertimbangkan secara cermat, apakah akan membawa keuntungan bagi usahanya atau sebaliknya. Menjadi seorang pengusaha berarti Anda membuka jalan baru untuk sukses tanpa tergantung pada orang lain.

Berbeda dari karyawan, keuntungan dalam membuka usaha tak pernah menentu. Bisa jadi di satu waktu Anda akan meraup untung besar, tapi di lain waktu Anda harus menelan kerugian. Dalam membangun bisnis pun perlu mempertimbangkan ide usaha apa yang ingin diwujudkan. Sebagai contoh, membuka kedai kopi yang mulai booming beberapa waktu belakangan. Kedai kopi bukan sekedar menjadi tempat persinggahan, tetapi gaya hidup sebagian orang. Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis lewat kedai kopi, ada hal-hal sederhana yang bisa membantu berkembang, yaitu:

Cara Sukses Membangun Kedai Kopi Agar Bisa Cepat Berkembang


1. Konsep kedai kopi
Menentukan konsep kedai kopi sedari awal akan membantu Anda terhindar dari persaingan yang cukup ketat. Sebuah kedai kopi dengan tema tertentu biasanya lebih mudah menarik minat pelanggan daripada kedai kopi biasa-biasa saja. Konsep yang diusung pun seharusnya disesuaikan dengan tampilan kopi yang disuguhkan. Sebagai contoh, Anda ingin mengusung konsep alam, maka bawalah konsep tersebut dalam sajian dan pilihan kopi Anda. Tapi tetap utamakan kenyamanan para pelanggan, sebab penikmat kopi kerap mengkonsumsinya di kala santai.

2. Modal usaha
Setelah menentukan konsep, Anda bisa melakukan perhitungan modal secara cermat. Untuk kedai kopi sendiri, modal bisnis yang diperlukan sejujurnya tidak terlalu besar. Bahkan Anda bisa memulai usaha hanya dengan modal 1 juta, jika Anda sudah memiliki tempat. Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli alat racikan serta bahan kopi. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membuka kedai kopi yang terlalu mewah, bila modal yang Anda miliki hanya cukup untuk membangun kedai kopi sederhana. Ada baiknya mengembangkan kedai kopi sederhana tersebut sampai bisa menjadi sebuah kedai kopi besar dan mewah.

3. Lokasi strategis
Setiap bisnis harus dibangun di lokasi yang strategis untuk mampu menarik minat para pelanggan. Lokasi yang terjangkau dan sering dilewati oleh banyak orang menjadi salah satu poin plus dari semuanya. Begitu pula dengan kedai kopi, Anda harus menyesuaikan pemilihan lokasi dengan konsep yang diusung. Contohnya kedai kopi berkonsep kafe yang lebih cocok dibangun di sekitar tempat-tempat keramaian, seperti mall ataupun kampus. Begitu pula dengan kedai kopi berkonsep sederhana yang cocok di didirikan di sekitar lingkungan masyarakat.
Cara Sukses Membangun Kedai Kopi Agar Bisa Cepat Berkembang 4.5 5 roni setiawan Capek bekerja di kantoran dan hanya menjadi seorang karyawan? Ingin mencoba hal baru yang lebih menantang? Cobalah untuk mulai membuka usaha...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.