Pentingnya Zinc Untuk Mengatasi Diare Pada Anak

 

Pentingnya Zinc Untuk Mengatasi Diare Pada Anak - Musim hujan yang tak kunjung usai biasanya dibarengi dengan timbulnya berbagai penyakit, salah satunya diare.

Sedihnya, yang paling rentan terkena panyakit diare ini adalah anak balita. Balita rentan terkena diare karena sifatnya yang selalu penasaran dengan banyak hal,

Belum lagi jika sang anak memang masih dalam fase oral, maka rentan bakteri kotoran masuk dalam tubuh melalui mulut dari tangan, mainan atau benda apapun yang mereka pegang.

Zinc Untuk Mengatasi Diare Pada Anak
(Foto: Shutterstock)

Indonesia sendiri termasuk dalam negara berkembang yang masih memiliki angka tinggi dalam terjangkit penyakit diare.

Berdasarkan survei dan riset kesehatan dasar yang dilakukan Kementrian Kesehatan, diketahui diare masih menjadi penyebab utama kematian balita dengan penyebab utama penanganan yang tidak tepat.

Namun sebagai ibu cerdas tak perlu panik saat sang buah hati menderita diare. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh anak haruslah tercukupi.

Saat anak buang air besar dalam bentuk cair dan berulang-ulang dalam satu hari, tentu akan membuat anak menjadi dehidrasi atau kurang cairan tubuh. Nah, dehidrasi ini yang harus Anda hindari!

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberi cairan oralit sehabis anak BAB. Selanjutnya, adalah pemberian suplemen Zinc.

Pentingnya Zinc Untuk Penyembuhan Diare

Sejak tahun 2004, lembaga kesehatan dunia WHO dan UNICEF telah membuat kebiajkan tentang pengobatan diare yaitu dengan pemberian zinc serta oralit selama kurang lebih dua minggu.

Di dalam tubuh terdapat ratusan enzim yang bekerja membutuhkan zinc. Namun, seiring dengan anak diare maka zinc juga akan ikut hilang dari dalam tubuhnya.

Untuk itu Anda perlu untuk memberi tambahan zinc sesuai takaran usia. Zinc adalah mikronutrien yang memiliki banyak fungsi antara lain memperpendek waktu dan beratnya diare,

mencegah berulangnya diare selama 2-3 bulan kedepan dan mengembalikan nafsu makan anak. Selain itu, zinc juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Hal yang harus diingat adalah pengobatan diare bukanlah untuk memberhentikan diare, tapi memperbaiki mukosa usus agar dapat berfungsi normal kembali.

Pada makanan, zinc dapat didapatkan dari daging merah, ayam, tiram, kepiting, lobster, keju, oatmeal, kacang mete dan sereal.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Era Digital

Satu hal lagi yang perlu diingat, selain pemberian oralit, zinc dan makanan bergizi lain, kebersihan si kecil haruslah selalu dijaga agar diare tidak kembali terulang.
Pentingnya Zinc Untuk Mengatasi Diare Pada Anak 4.5 5 Berita update Pentingnya Zinc Untuk Mengatasi Diare Pada Anak - Musim hujan yang tak kunjung usai biasanya dibarengi dengan timbulnya berbagai penyakit, salah satunya diare. Sedihnya, yang paling rentan terkena panyakit diare Pentingnya Zinc Untuk Mengatasi Diare Pada Anak - Musim hujan yang tak kunjung usai biasanya dibarengi dengan timbulnya berbagai penyakit, ...


No comments:

Post a Comment

Copyright © Informasi Kita.